Jumat, 20 Juli 2018

Matrikulasi MKom Teknologi Telematika - Bapak Ir. Hari Soetanto, M.Sc

Perbedaan data dengan informasi

Adalah pada penyajian dan juga sumbernya. Data diperoleh dari berbagai sumber yang beredar seperti Isu yang beredar, apa yang kita lihat, apa yang orang lain bicarakan dan sebagainya. Data masih bersifat mentah, dalam artian, apabila data tersebut akan kita sharing kepada khalayak luas, maka data tersebut harus diolah menjadi suatu informasi yang berguna dan sesuai dengan fakta yang terjadi. Sedangkan informasi itu sendiri adalah data-data yang sudah diolah, diproses dan juga ditata dengan sedemikian rupa sesuai dengan tata bahasa yang sudah ditetapkan oleh kamus Bahasa Indonesia. Informasi yang beredar sudah sesuai dengan tata kelola Bahasa dan tergolong mature sharing serta sesuai dengan fakta yang terjadi.

Input-Proses-Output pada pengelolaan komputer

Yaitu satu kesatuan tahap untuk mendapatkan data dan informasi yang kita butuhkan. Input-Proses-Output merupakan fungsi dari Arsitektural Komputer, juga merupakan hal-hal yang saling berhubungan atau tanpa user. Berawal dari Input, inputan ini bisa kita contohkan pada Hardware yang kita gunakan, seperti inputan melalui Keyboard, Suara, Video, Mouse, dimana dengan menggunakan sarana hardware diatas, kita dapat melakukan penginputan dan selanjutnya akan kita dapat teruskan ke proses selanjutnya yaitu proses. Proses ini adalah suatu kegiatan inputan dilelola agar menjadi outputan yang sesuai dengan data dan informasi yang kita butuhkan. Proses ini terjadi didalam komputer Software dengan menggunakan Aplikasi atau program yang sudah disediakan didalam komputer itu sendiri. Sedangkan Output adalah keluaran dari hasil dari Inputan yang sudah kita proses tadi. Output didalam pengelolaan komputer bisa dicontohkan pada perangkat Printer untuk mencetak dokumen, Speaker untuk mendengarkan suara, dan lain sebagainya.

Perbedaan antara seorang Hacker dan Cracker

Adalah pada sifat yang mereka timbulkan pada saat proses penyerangan komputer berlangsung. Hacker dirancang untuk menyerang suatu komputer untuk menembus suatu sistem agar mengetahui kelemahan sistem tersebut dan bagaimana sistem tersebut dapat berjalan normal sesuai dengan prosedur yang berlaku sedia kala. Hacker memiliki sifat merusak untuk memperbaiki sistem. Seadngkan Cracker memiliki sifat merusak untuk kejahatan dan biasanya ingin menghasilkan uang. Istilah Other Outlaw sebenarnya memiliki sifat yang merusak sistem juga, namun dengan specially case, pada ukuran atas sistem dengan taraf yang tinggi dalam melakukan kerusakan atau kriminal sistem. dan kaitan ketiga istilah tersebut diatas terhadap etika komputer adalah mereka semua (Hacker, Cracker dan Other Outlaw) mengetahui apa yang mereka kerjakan pada sistem komputer, namun pada Cracker tidak bertanggung jawab atas pekerjaan yang telah dikerjakan, berbeda dengan Hacker yang masih mempertanggung jawabkan atas pekerjaan yang dikerjaan pada saat peretasan sistem komputer berlangsung.

Operating System atau OS

Yaitu merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen seluruh perangkat keras yang terhubung didalamnya, OS ini juga berguna untuk menjalankan sistem Aplikasi-aplikasi pengolah kata, data, angka dan lain sebagainya. OS ini sangat dibutuhkan karena tanpa adanya OS, kita tidak akan mampu menggunakan komputer karena OS berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam menavigasi sistem komputer secara otomatis. Penjelasan mengenai interkoneksi antar komputer yang memiliki perbedaan OS adalah ada pada Organisatrial Software, meliputi Data Transfer, Data Storage, Data Processing, dan Control. Pada interkoneksi ini memiliki perbedaan pola yang berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Begitupun dengan interkoneksi dengan gadget yang ada pada zaman sekarang yaitu Handphone khususnya, dapat dijalankan dengan menggunakan aliran tanpa kabel, yang mana untuk pengiriman data dan jalan penghubungnya menggunakan Teknologi Wireless (nirkabel) seperti Wi-fi, Bluetooth, internet dan sebagainya.

Komponen-komponen yang harus dimiliki oleh sebuah komputer, agar dapat dikatakan sebagai “Komputer”

Adalah terdiri dari Komponen Hardware dan Software. Pada Arsitektural Hardware, memiliki fungsi Input-Proses-Output dan memiliki strukturnya yaitu Storage. Pada Organisatrial Softwarenya memiliki Interkoneksi antar Sistem yaitu Data Transfer, Data Storage, Data Processing, dan control. Sebuah Komputer, akan dikatakan komputer apabila memiliki I/O, memory, Central Processing Unit (CPU) / Processor yang terdiri dari Data Processor yaitu Arithmatic & Logic Unit (ALU), Internal Memory untuk Register dan Control yang meliputi Sequencing Logic, Instruction Register/Decoder, Control Memory serta System Interconnection. Juga User Interface sehingga dapat berinteraksi dengan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar